Subscribe:

Selasa, 09 April 2013

Ekonomi Indonesia Mau Kemana?


Berikut beberapa kesimpulan yang saya baca dari artikel karya Pak Boediono dalam bukunya tentang arah ekonomi Indonesia. Ada dua tuntutan rakyat yang paling mendasar yaitu biaya kebutuhan tetap stabil dan penghasilan yang bisa diandalkan. 
Tujuan utama negara adalah mewujudkan tuntutan dasar itu dengan pertumbuhan ekonomi yang akan meningkatkan aktifitas ekonomi berimplikasi pada perluasan lowongan kerja kemudian stabilitas ekonomi untuk melindungi penghasilan mereka supaya tidak digerogoti oleh kenaikan harga sehingga tercipta peningkatan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata. Itulah tujuan akhir kebijakan ekonomi.
Untuk stabilitas ada dua hal yang penting yaitu kebijakan fiskal moneter dan penyehatan sektor keuangan.
Untuk Pertumbuhan juga dua hal yaitu pembangunan infrastruktur dan penaikan iklim investasi.
Suatu negara dapat dilihat pertumbuhannya melalui kualitas institusi, kualitas SDM, kemampuan teknologi. Untuk mewujudkan itu perlu ditempuh kebijakan pengembangan UKM konfrehensif dan rasional, pelatihan SDM, pembenahan mendasar TKI, gerakan pengentasan kemiskinan, dilakukan dengan koordinasi tim sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing yang jelas. 
Semua itu termasuk dalam langkah-langkah pemecahan masalah menurut ekonomi namun untuk mewujudkan itu perlu adanya kombinasi ilmu lain seperti administrasi, manajemen, dan yang paling penting politik dan diplomasi.

0 komentar:

Posting Komentar