Subscribe:

Senin, 13 Desember 2010

Kurangnya Kesadaran Kebersihan







Sampah sudah menjadi masalah kronis di negeri kita ini. Meraka ada dimana-mana. Setiap tempat rasanya tidak afdol kalau tidak ada sampah. Manusia perhari dapat menghasilkan sampah mencapai ratusan Kg. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, meskipun pemerintah sudah menyediakan tempat sampah tetap saja mereka tidak membuang sampah pada tempatnya. Ini sudah menjadi kebiasaan yang sangat sulit dirubah. Itu baru seorang, coba bayangkan hampir mayoritas masyarakat kota Tasikmalaya membuang sampah tidak pada tempatnya. Sadar atau tidak kita ini sudah terkepung sampah. Tempat penampungan yang sekarang masih ada tidak menjamin akan tetap menampung sampah di masa depan.

Akibat dari sampah juga tidak main-main, seperti banjir dan sumber penyakit. Pola hidup kita yang konsumtif tidak peduli lingkungan ini akan terus menghasilkan sampah yang menggunung-gunung. Apakah dengan semua itu hidup kita akan nyaman? Hanya orang bodoh yang menjawab “Ya”.

Menurut hemat saya, pemerintah tetap harus pertama yang memprakarsai program bersih lingkungan, selain itu permudahlah bagi mereka yang ingin melamar menjadi pekerja kebersihan lalu berilah mereka gaji yang sepadan. Dengan begitu kebersihan kota akan terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar